Visi :

PSGPA UHAMKA pada tahun 2020 menjadi pusat studi yang unggul dalam melakukan terobosan Pengarusutamaan Gender dan Perlindungan Anak    di bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakarat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIKA)

 

Misi :

  1. Menyusun dan memproses standar ketercapaian Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Perlindungan Anak (PA), melalui Catur Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan AIKA) dengan melakukan penelitian tentang isu-isu gender, perempuan dan anak dari berbagai disiplin ilmu, termasuk implikasi keadilan dan kesetaraan gender terhadap produk hukum, kebijakan publik di masyarakat, dan kebijakan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
  2. Mengkaji permasalahan kebijakan pemerintah dan isu-isu gender melalui advokasi, kerjasama, dan jejaring secara internal UHAMKA, Muhammadiyah/ Aisyiyah dan Ortomnya, PSW/G di Indonesia, Pemerintah Pusat dan Daerah, Lembaga/ Organisasi Non pemerintah tingkat Nasional dan Internasional.
  3. Melakukan penguatan kapasitas kelembagaan dan koordinasi Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak secara integrasi.
  4. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat berbasis kemitraan, tentang keadilan dan kesetaraan gender, dan perlindungan anak melalui media cetak, jurnal, leaflet, maupun media elektronik.
  5. Mengembangkan pemberdayaan dan wadah konseling tentang permasalahan gender, perempuan dan anak.